Jumat, 17 Mei 2013

Tugas 3 - Profesi TI


WEB DEVELOPER

Web Developer adalah orang yang biasa membuat aplikasi berbasisi web menggunakan bahasa pemrograman web(misalnya PHP). Web Developeradalah orang yang memegang peranan paling penting dalam pembuatan web, karena dia memiliki fungsi sebagai penghubung antar komponen yang ada dalam pemrograman web. Hal yang dapat dilakukan web developer adalah membuat database, membuat agar web bisa dinamis.

Dalam hal tampilan,web developer tidak terlalu memikirkanya. Karena dia lebih berkonsentrasi dalam hal scriping, agar web yang dibuatnya dinamis. Agar para pengunjung (user) web dapat berinteraksi dengan web site yang dibuat. Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer.


·                     Client-side: JavaScript
·                     Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
·                     Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Untuk menjadi Web Developer sebenarnya tidak memerlukan pendidikan tinggi seperti lulus dari perguruan tinggi. Namun seseorang dengan latar pendidikan setidaknya dari sekolah menengah atas juga dapat menjadi seorang Web Developer asalkan orang tersebut mampu mempelajari serta mengetahui bahasa-bahasa pemrograman web seperti yang telah disebutkan diatas. Lulusan dari Jurusan Teknik Sistem Komputer umumnya lebih mengarah ke hal-hal yang lebih berkaitan dengan hardware (perangkat keras) dan networking (jaringan), namun tidak menutup kemungkinan seorang lulusan dari jurusan Teknik Sistem Komputer menjadi seorang Web Developer, sebab didalam jurusan tersebut sendiri juga dipelajari mengenai pemrograman, multimedia, dan berbagai hal dasar yang diperlukan untuk merancang dan membangun sebuah website.
Dengan semakin berkembangnya teknologi dan meluasnya jaringan internet yang menghubungkan setiap komputer diseluruh dunia sangatlah besar kemungkinan bagi seorang Web Developer untuk mendapatkan peluang dan kesempatan kerja dengan penghasilan yang bahkan lebih dari mencukupi. Karena itulah diperlukan kreativitas dan strategi dalam membangun dan merancang sebuah website jika nantinya ingin website tersebut dapat menjadi sebuah trend di era informatika ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Free Blogger Templates