Sabtu, 07 April 2012

KARYA ILMIAH


1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah tumbuh kembang merupkan masalah yang masih perlu diperhatikan tidak hanya pada bayi lahir normal melainkan juga pada bayi lahir prematur. Dikarenakan tingkat perkembangan bayi dengan prematur pada tahun pertama umumnya lebih rendah ketimbang bayi aterm yang dilahirkan pada hari yang bersamaan. Defisit dalam tingkat tumbuh kembang ini cenderung bersesuaian dengan tingkat prematuritas. Perbedaan ini biasanya akan hilang pada tahun kedua asalkan saja tidak ada komplikasi. Cacat perkembangan lebih sering terjadi pada bayi prematur ketimbang pada bayi aterm dan sering meliputi gangguan fungsi intelektual atau motorik. Terjadi keterlambatan perkembangan prematur meliputi perkembangan motorik, adaptasi sosial maupun bahasa. Selain itu bayi perlu menyesuaikan berat badannya untuk mengejar ketertinggalan dengan menyesuai kebutuhan maupun asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya.
Setiap tahun diperkirakan lahir sekitar 350.000 bayi prematur atau berat badan lahir rendah di Indonesia. Tingginya kelahiran bayi prematur tersebut karena saat ini 30 juta perempuan usia subur yang kondisinya kurang energi kronik dan sekitar 80% ibu hamil menjalani anemia difisiensi gizi. Tingginya yang kurang gizi mengakibatkan pertumbuhan janin terganggu sehingga beresiko lahir dengan berat badan di bawah 2500 gram.
Anak – anak dan orang dewasa yang pada saat lahir prematur, lebih sering mengalami masalah tumbuh kembang seperti cerebral palsi, retardasi mental, ketidakmampuan sensori dan kognitif serta penurunan kemampuan untuk berhasil mengembangkan adaptasi sosial, fisik dan psikologis terhadap lingkungan yang semakin kompleks.
Tumbuh kembang merupakan salah satu proses yang harus dilalui dalam kehidupan anak. Jadi untuk mengatasinya saya disini membuat fase-fase perkembangan janin,dari usia 1minggu – 42 minggu, agar para ibu dan orang tua bisa melakukan pengecekan atau perhatian sejak dini kepada sang calon bayi.
B. Batasan masalahan
Berdasarkan uraian di atas, maka yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “memberikan pengetahuan lebih terhadap ibu-ibu hamil, dengan secara langsung, walau tanpa perantara dokter”.
C. Tujuan
Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan tumbuh kembang janin mulai dari usia 1minhhu hingga 42 minggu.
Dengan menggunakan web, kita dapat mengakses dan melihat fase tumbuh kembang janin didalam perutsang ibu.sehingga memudahkan kita untuk mengetahui perkembangan apa yang terjadi terhadap janin kita.
D. Metode Penulisan
Disini metode yang saya buat berhubungan dengan masalah yang saat ini banyak berkembang, seperti kurang perhatiannya terhadap perkembangan janin dan ibu hamil.
E. Manfaat Penelitian
Para ibu hamil,tidak perlu repot-repot untuk meliahat fase kehamilannya kedokter, cukup membuka link yang saya buat.
F. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam pemahaman masalah yang akan dibahas, tulisan ilmiah ini ditulis dengan sistematika berikut ini :

Bab 1 Pendahuluan. Dalam bab ini menjelaskan secara singkat tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

Bab 2 Landasan Teori. Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai landasan-landasan teori mengenai fase perkembangan janin, dan tinjauan perangkat lunak yang akan digunakan khususnya PHP MYSQL, dan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

Bab 3 Analisa dan Pemabahasan. Bab ini menjelaskan tentang implementasi dan perancangan aplikasi yang meliputi proses perancangan, desain aplikasi dan penggunaan listing program.

Bab 4 Penutup. Bab ini berisi kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian. Selain kesimpulan, dalam bab ini berisi saran dari penulis yang didapat dari hasil penulisan



2. A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah adalah tulisan atau karangan yang disusun secara sistematis dan logis. Karya sastra ilmiah menyajikan masalah-masalah yang objektif dan faktual. Objektivitas dan kelengkapan data merupakan sesuatu yang sangat penting.
B. Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.
Tujuan penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.
Karya ilmiah dapat berfungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Bagi penulis, menulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan berbagai gagasan dan menyajikannya secara sistematis, memperluas wawasan, serta memberi kepuasan intelektual, di samping menyumbang terhadap perluasan cakrawala ilmu pengetahuan.
Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan dengan gaya bahasa yang populer atau santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.
C. Ciri-ciri Karya Ilmiah
Ciri-ciri sebuah karya ilmiah dapat dikaji dari minimal empat aspek, yaitu struktur sajian, komponen dan substansi, sikap penulis, serta penggunaan bahasa. Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan simpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.
Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak. Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua. Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

D. Macam-macam Karya Ilmiah
Artikel Ilmiah Popular
Berbeda dengan artikel ilmiah, artikel ilmiah popular tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah. Sebab, ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi publik. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik tetapi dalam menjangkau pembaca khalayak. Karena itu aturan-aturan penulisan ilmiah tidak begitu ketat. Artikel ilmiah
popular biasanya dimuat di surat kabar atau majalah. Artikel dibuat berdasarkan berpikir deduktif atau induktif, atau gabungan keduanya yang bisa ‘dibungkus’ dengan opini penulis.


3.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Curriculum Vitae






Data Pribadi / Personal Details

Nama / Name                          :    Nieke Ari Juna
Alamat / Address                     :     Kota Wisata blok montreal YA 5 no 2, Cibubur       
Nomor Telepon / Phone          :      085216167773
Email                                       :      virgoikhe@gmail.com
Jenis Kelamin / Gender            :      Perempuan
Tanggal Kelahiran / Date of Birth   : 30 Agustus 1991
Warga Negara / Nationality     :      Indonesia
Agama / Religion                     :      Islam


Preferensi Pekerjaan / Job Preference

Bidang Pekerjaan yang diminati: Pegawai Negri Sipil MIGAS
Career Interest
Gaji yang dikehendaki             :  Rp. 8.000.000



Riwayat Pendidikan dan Pelatihan
Educational and Professional Qualification

Jenjang Pendidikan                  :
Education Information            
Periode
Sekolah / Institusi / Universitas
Jurusan
Jenjang

1997
-
2003
Sd N 26



2003
-
2006
Smp N 01



2006
-
2009
Sma N 02
IPA


2009
-
2012
Universitas Gunadarma
SistemInformasi



Pendidikan Non Formal / Training – Seminar
 

  1. Bimbel komputer
  2. Magang di kantor pemda JAKSEL
  3. Bimbel Nurul Fikri
  4. Seminar-seminar kewirausahaan




Demikian CV ini saya buat dengan sebenarnya.





( NIEKE ARI JUNA )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Free Blogger Templates