Rabu, 14 April 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

IBD (Ilmu Budaya Dasar)
1. buatlah rangkuman dari materi bab 3, mengenai cinta kasih. Manusia Dan Cinta Kasih
1. pengertian cinta dan kasih
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang kepada atau kasih atau tertarik hatinya kepada seseorang dari lawan jenisnya. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan rasa menaruh belas kasihan.

Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir sama, tapi keduanya memiliki perbedaan yaitu cinta mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.
Antara cinta dan nafsu terdapat perbedaan yang sangat mendasar dimana cinta bersifat manusiawi, rokhaniah, dan perilaku yang memberi sedangkan nafsu lebih menunjukkan kebalikan dari sifat cinta diatas.

Menurut Erich Fromm (1983:24-27) menyatakan bahwa cinta itu terutama memberi bukan menerima. Memberi dalam hal yang bersifat manusiawi, bukan sebuah materi. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu yaitu:
• Pengasuhan
• Tanggung Jawab
• Perhatian
• Pengenalan

Pengertian tentang cinta juga diungkapkan oleh Dr.Salito W. Sarwono menurutnya cinta yang ideal memiliki 3 unsur yairu keterikatan, keintiman dan kemesraan dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta.
1. keterikatan
2. keintiman
3. kemesraan
Relasi seks yang abnormal dan perverse(buruk,jahat)adalah relasi seks yang tidak bertanggung jawab,dan kompulasi yang abnormal.hal demikian berentangan dengan norma sosial,agama,maupun hukum,abnormalitas dalam pemuasan seks menurut Dra kartini kartono dibagi dalam tiga golongan:
1. dorongan seksual yang abnormal
• pelacuran
• perzinaan
• perkosaan
• bujukan
2. partner seks yang abnormal
• homoseksualitas
• zoofilia
• pedofilia
• geronto
3. dalam pemuasan dorongan seksual
• voyeurism atau peeping tom
• transvestutisme
• transseksualisme
2.Kasih Sayang
Pengertian kasih telah dikemukakan diatas,sedangkan sayang dapat dikaitkan dengan kasih kerena dalam sayang diwujudkan lebih nyata rasa cinta seseorang,sayang memperkuat rasa kasih seseorang yang diwujudkan dalam tindakan yang nyata dan semuanya bersumber dari rasa cinta
3.Kemesraan
Kemesraan berasl dari kata mesra yang diartikan pada kamus bahasa indonesia yang artinya sangat erat,dan kemsraan bersumber dari cinta kasih merupakan relisasi yang nyata,tingkat kemesraan dapat dibedakan berdasar unsur yaitu remaja,rumah tangga dan manusia usia lanjut
4.Pemujaan
Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan Atau tempat memuja kepada dewa-dewa atau berhala,diantara objek-objek pemujaan,terdapat pemujaanyang ditunjukan kepada tuhan yang bersifat pemujaan tertinggi

2. Jawablah pertanyaan berikut ini:

a. sebutkan apa perbedaan antara cinta dan nafsu;
Jawab: Perbedaan dari cinta dan nafsu yaitu cinta bersifat manusiawi dimana hanya kepada manusia lah cinta tumbuh dan berkembang. Cinta juga bersifat rokhaniah sedangkan nafsu hanya bersifat jasmaniah. Cinta juga selalu menunjukkan perilaku memberi sedangkan nafsu lebih menunjukkan perilaku menuntut.
b. sebutkan unsur2x cinta
Jawab: Unsur-unsur cinta yaitu pengasuhan ( cinta ibu kepada anaknya ), tanggung jawab (tindakan suka rela yang merupakan penyelenggaraan dari kebutuhan fisik ), perhatian ( tindakan agar orang lain mau membuka dirinya dan mengembangkan kepribadian aslinya ), pengenalan ( suatu keinginan untuk mengetahui segala sesuatu yang tidak diketahui orang banyak ).
c. cinta ideal adalah cinta yang memiliki tiga unsur. sebutkan dan jelaskan!!..
Jawab: tiga unsur yang terdapat pada cinta ideal yaitu keterikatan (perasaan dimana hanya ingin bersama orang yang dicintai), keintiman (perasaan dimana ditunjukkan bahwa antar satu sama lain sudah tidak ada jarak lagi), kemesraan (suatu perasaan dimana ingin merasakan bentuk sentuhan fisik dari orang yang dicintai).
d. apakah yang dimksud dengan kasih??..
Jawab: Kasih merupakan suatu perasaan sayang atau cinta kepada seseorang yang juga terdapat suatu perasaan menaruh belas kasihan pada orang tersebut, kasih juga merupakan perwujudan nyata pengungkapan rasa yang langsung ditujukan pada orang yang dicintai.
e. menurut kalian hubungan seksual yang dalam bentuk normal dan bertanggung jawab adalah seperti apa??..
Jawab: Hubungan seks yang normal mengacu kepada keinginan murni dari kedua belah pihak sehingga apapun yang terjadi tidak menjadi beban psikis keduanya. Disebut bertanggung jawab ketika kedua belah pihak mengerti dan mau untuk menghadapi segala konsekuensi dari perbuatan mereka dan berani untuk menanggungnya.
f. dan menurut kalian hubungan seksual yang dalam bentuk abnormal perverse adalah seperti apa??..
Jawab: Hubungan seksual yang dalam bentuk abnormal perverse merupakan suatu hubungan seks yang tidak bertanggung jawab dan diluar normal sehingga hal ini bertentangan dengan norma social, hukum, maupun agama.
g. menurut Dra. Kartini Kartono pemuasan abnormalitas seksual dibagi dalam tiga golongan sebutkan dan jelaskan !!!..
Jawab: Tiga golongan pemuasan abnormalitas seksual menurut Dra. Kartini Kartono yaitu:
 Dorongan seksual yang abnormal: pelacuran, perzinahan, perkosaan, dan bujukan.
 Partner seks yang abnormal: homoseksualitas, zoofilia, pedofilia, gerontoseksualitas.
 Dalam pemuasan dorongan seksualitas: voyeurism(melihat orang tidak menggunakan pakaian), transvestutisme(memakai pakaian lawan jenis), transseksualime (banci).
h. sebutkan beberapa bentuk cinta menurut Erich Fromm.
Jawab: Bentuk cinta menurut Erich Fromm yaitu cinta persaudaraan dimana seseorang tidak mempuyai pamrih terhadap sesamanya tidak perduli dengan adanya batas-batas perbedaan yang ada. Terdapat pula cinta keibuan yang paling terasa asli yaitu cinta seorang ibu kepada anak kandungnya yang sudah merupakan naluri alamiah. Terdapat cinta erotis dimana terdapat kontak seksual yang nyata dan ideal yang bersumber dari cinta. Ada pula cinta diri sendiri yang merupakan perwujudan bentuk cinta kepada diri sendiri yang mempunyai kecenderungan positif dan negatifnya. Cinta terhadap Tuhan dimana bentuk cinta seorang hamba terhadap yang menciptakannya sebagai bentuk rasa syukur.
i. sebutkan arti kemesraan dan jelaskan!!..
Jawab: Kemesraan Berasal dari kata mesra yang menurut bahasa Indonesia berari erat. Kemesraan merupakan suatu hal yang menggambarkan keadaan sangat erat antar satu orang dengan pasangannya. Terdapat beberapa tingkatan kemesraan yaitu dalam tingkat remaja, dalam rumah tangga, dan di usia lanjut. Dalam tingkat remaja terjadi dalam masa puber dimana remaja telah mengalami kematangan organ kelamin. Dalam rumah tangga kemesraan ini ditunjukkan dengan hubungan akrab antara suami dengan istri dalam satu perkawinan. Dan yang terakhir, kemesraan dalam usia lanjut diwujudkan dengan berbagai aktifitas yang dilakukan bersama sebagai bentuk suatu keakraban tersendiri.
j. Sebutkan tingkat kemesraan dan jelaskan berdasarkan tingkatannya
Jawab: Kemesraan merupakan suatu hal yang menggambarkan keadaan sangat erat antar satu orang dengan pasangannya. Terdapat beberapa tingkatan kemesraan yaitu dalam tingkat remaja, dalam rumah tangga, dan di usia lanjut. Dalam tingkat remaja terjadi dalam masa puber dimana remaja telah mengalami kematangan organ kelamin. Dalam rumah tangga kemesraan ini ditunjukkan dengan hubungan akrab antara suami dengan istri dalam satu perkawinan. Dan yang terakhir, kemesraan dalam usia lanjut diwujudkan dengan berbagai aktifitas yang dilakukan bersama sebagai bentuk suatu keakraban tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Free Blogger Templates